Posted by : Unknown April 04, 2015


Nama Kantai Collection atau biasa disingkat KanColle sudah bukan hal yang asing lagi di telinga para otaku. Sebuah web-game dari Jepang yang sedang naik daun beberapa tahun ini diadaptasikan ke dalam anime yang rilis pada Winter Season tahun 2015.

Sebelumnya anime KanColle sempat digembor-gemborkan untuk rilis pada Fall Season 2014 namun tiba-tiba terjadi pengunduran. Saya kira pengunduran ini merupakan salah satu langkah dari pihak Diomedea dalam pembenahan agar nantinya anime ini layak untuk dinikmati. Namun, sayangnya menurut saya masih banyak minus daripada plus-nya pada anime ini. Kali ini akan saya bahas ulasan tentang anime Kancolle. Buat yang belum nonton simak dulu ulasan ini ya... karena saya tidak bertanggung jawab jika sudah terlanjur download episode 1 - episode 12 namun tiba-tiba drop di pertengahan episode haha..

Review: 

- Grafik : 8/10 
Diomedea cukup baik dalam menggambarkan character Kantai Collection. Character pada anime dibuat lebih moe daripada versi web-game nya. Banyak juga view indah yang sering ditampilkan terutama saat sunset dan sunrise.

- 3D : 4/10
Saya kurang suka dengan 3D pada saat sedang bertempur. Karena terlihat sangat kaku dan tidak moe. Mungkin kalian bisa tahu maksud saya ini setelah melihatnya sendiri.

- Story : 5/10
Kenapa nilai untuk story sangat rendah? yah.. ini cuma pendapat saya sih, tapi saya kurang srek dengan story yang dibawakan oleh Diomedea. Terlalu banyak episode yang tidak penting alias hanya berisi fan-service saja, seperti episode saat Akatsuki Sisters mengikuti lomba memasak kari atau episode saat beberapa kanmusu bersenang-senang di Pulau Truk. Mungkin maksud Diomedea disini, KanColle adalah sebuah sarana bagi para web-game player yang ingin mengetahui apa sajakah aktifitas yang dilakukan oleh gadis kapal / kanmusu mereka. Saya cukup kecewa karena ekspektasi saya adalah versi anime dari KanColle akan lebih menekankan pada "action" layaknya Arpeggio of Blue Steel. 

- Sound & Music : 9/10
Saya cukup suka dengan soundtrack KanColle mulai dari opening, ending, hingga original soundtrack nya. Apalagi opening dan ending nya akhir-akhir ini masih nge-hype.

- Characters : 7/10
Saya lihat pada anime ini pengenalan pada tiap-tiap karakter masih sangat kurang. Mungkin karena terlalu banyak karakter yang disajikan. Hal ini mungkin tidak jadi masalah bagi para penonton yang sudah pernah memainkan game nya, namun bagaimana dengan yang belum pernah memainkan game nya? 

- Overall : 7/10
Lumayan lah masih cukup worth untuk ditonton sebagai pengisi waktu luang. Sad feels cuma bakal ditemui satu atau dua kali di anime ini, sisanya adalah gelak tawa dan sedikit unsur ketegangan. Jadi, dalam kasus ini tisu tidak terlalu dibutuhkan.

- Trivia :
KanColle menceritakan tentang kapal perang Jepang dalam Perang Dunia II. Tentu saja jalan cerita di anime mengikuti setiap event sejarah dalam Perang Dunia II terutama JP vs US. Namun pada versi anime ada beberapa perubahan sejarah.

Ada desas-desus kalau anime KanColle akan dibuat sekuelnya yang diperkirakan rilis tahun depan. Mungkin sekuel ini akan memperlihatkan kanmusu yang sebelumnya belum mendapatkan jatah tampil di season 1. Kalau saya sih berharap kapal-kapal Jerman dapat jatah tampil di season 2, karena ada waifu saya Prinz Eugen <3. Kalau waifu-kanmusu kalian apakah sudah dapat jatah tampil di versi anime?

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. Bagus soundtrack episode 4.. kongou dkk scene. Combined fleed glory. LOL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha dari semua character Kancolle yang muncul di anime yang paling koplak memang si Kongou bersaudara :D

      Hapus
  2. Quickbooks enterprise support

    Use QuickBooks Enterprise Support Team to fix QuickBooks Enterprise Issues. Please contact QuickBooks Support Team (+1 (833) 400-1001) for help from a certified QuickBooks specialist.

    BalasHapus
  3. Quickbooks enterprise support number

    Call +1 (833) 400-1001 to solve QuickBooks Enterprise issues through QuickBook Enterprise Support. Please contact QuickBooks Support Team (+1 (833) 400-1001) for help from a certified QuickBooks specialist.

    BalasHapus
  4. Our team of experts and Proadvisers are always providing comprehensive bookkeeping and financial solutions to boost business account for everyone. So that's why we highly suggest you dial our QuickBooks Proadvisor Support Phone Number 1-855-6OO-4O6O

    BalasHapus

- Copyright © 2016 Agum-Go! - Sachiko Koshimizu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -