Posted by : Agum Gumelar Januari 29, 2014



Siapa yang tidak kenal dengan Grand Theft Auto Series, game buatan Rockstar Games ini sangatlah mendunia. Sudah banyak sekuel yang diluncurkan mulai dari Grand Theft Auto 1 hingga Grand Theft Auto 5 yang tahun ini sedang jadi hot topic. Grand Theft Auto IV adalah game karya Rockstar yang untuk pertama kalinya difokuskan untuk next-gen console seperti PC, PS3, dan XBOX-360.

1. Introducing GTA IV
Dalam GTA IV, kalian akan kembali menjelajahi Liberty City yang sebelumnya pernah muncul pada GTA III dan GTA Liberty City Stories. Sebenarnya Liberty City adalah plesetan dari kota terkenal di US yaitu New York City. Liberty City ala GTA IV jauh lebih hebat dari Liberty City sebelum-sebelumnya. Kalian akan mendapati bagaimana ramainya suasana kota Liberty City entah siang maupun malam, padatnya kendaraan yang berlalu-lalang, dan pejalan kaki yang menghiasi pinggir-pinggir jalan.

2. Main Character
Sesuai dengan judulnya, Grand Theft Auto Series selalu hadir dengan penjahat sebagai karakter utamanya. Untuk kali ini kalian akan berperan menjadi Niko Bellic, Luis Fernando Lopez*, dan Johnny Klebitz*. (* : GTA IV: EFLC). Masing-masing karakter mempunyai gaya masing-masing. Niko adalah seorang pelayar dari Bosnia yang datang ke Liberty City karena tipu daya dari sepupunya Roman Bellic. Saat bermain sebagai Niko kalian akan menjumpai berbagai misi yang berbau hitman, assassination, dan serial-kill. Karena memang itulah gaya Niko Bellic, orang yang berdarah dingin. Sedangkan Luis Fernando Lopez adalah seorang bouncer sekaligus tangan kanan dari pemilik klub malam Hercules dan Maisonette 9, Tony 'Gay Tony' Prince. Luis dan Tony saling bahu membahu mengelola bisnis mereka serta mengatasi berbagai masalah internal maupun eksternal seperti permasalahan hutang piutang, seorang konglomerat yang memaksa untuk membeli klub mereka, hingga blog-artist yang mempublikasikan berita palsu tentang Tony dan Luis. Yang pasti, misi-misi bertemakan dunia malam akan selalu mewarnai permainan kalian selama menjadi Luis. Dan terakhir adalah Johnny Klebitz, Johnny adalah seorang berandalan dan anggota geng motor "The Lost and Damned". Brutal dan keras selalu menjadi ciri khas Johnny. Misi-misi Johnny hampir sama seperti aktivitas geng-geng motor pada umumnya seperti mencuri sepeda motor, pertempuran antar geng, perebutan kekuasaan, hingga teman-teman anggota geng yang ternyata adalah penghianat. Jika kalian pecinta motor Harley, Johnny lah pilihan yang tepat. Disini, berbagai jenis moge dapat kalian kendarai sesuka hati.

3. Many fabulous thing you can find out
Sama seperti sekuel-sekuel sebelumnya, GTA IV menyajikan lebih dari ratusan kendaraan yang tersebar di Liberty City, berbagai macam senjata tajam dan senjata api, restoran untuk mengisi health, pay n spray untuk memperbaiki mobil, dan puluhan misteri tersembunyi yang dapat kalian selidiki. Namun, GTA IV juga mempunyai fitur yang tidak dimiliki sekuel-sekuel sebelumnya seperti cellphone yang bisa digunakan setiap saat (use-able), internet cafe untuk browsing internet, mini games ( bowling, darts, pool, golf, sky dive ), dan beberapa bangunan yang dapat dimasuki ( kebanyakan adalah abandoned apartments ). Setelah ngomong panjang tentang kelebihan GTA IV, sekarang akan saya bahas kekurangan GTA IV. Satu hal fatal yang terlupakan dari GTA IV adalah fitur modifikasi kendaraan, padahal sudah diterapkan pada sekuel sebelumnya GTA San Andreas tapi saat mengembangkan GTA IV, Rockstar malah melupakan satu fitur penting ini. Kedua adalah ragdoll, saya kurang suka dengan gaya ragdoll pada GTA IV apabila terkena tembakan atau tertabrak mobil. Karakter terkesan loyo ketika sedang ragdoll. Ketiga adalah barber shop, padahal Niko akan terlihat lebih tampan bila berganti gaya rambut namun disini kalian tidak akan menemukan fitur barber shop. Dan terakhir adalah pembelian properti, sebagian besar properti yang didapatkan oleh Niko adalah dari pemberian. Kenapa Rockstar tidak memberikan fitur beli properti? padahal sudah ada fitur internet cafe yang akan sangat cocok bila digunakan untuk membeli properti ( GTA V sudah menerapkan fitur ini ).

Bagaimana? tertarik untuk memainkan GTA IV? eits jika kalian adalah PC Gamer, sebelumnya kalian harus memperhatikan spesifikasi PC kalian, apakah sudah cukup layak untuk memainkan GTA IV atau belum. Berikut system requirementnya,


Prosesor: Intel Core 2 Quad Q6600 / AMD Phenom 9850 Quad-Core
RAM : 2,5 GB
GPU : Nvidia Geforce 8800GT / ATI Radeon HD 3870
HDD : 16GB+

Rating:
9,7/10


Dan inilah penampakan dari Grand Theft Auto IV hasil jepretan saya sendiri, jika ingin mendapatkan tampilan grafis yang realistis seperti milik saya gunakan ENB.










{ 10 komentar... read them below or Comment }

  1. Terima kasih
    Gan apa gta IV bisa dimainkan di window 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asal speknya cukup

      Hapus
    2. Bisa kok itu saya pakai Windows 7. Kalau di Windows 8 dan Windows 10 saya belum tahu, apakah compatible atau tidak.. hehe

      Hapus
    3. windows 10 bisa gan saya pake windows 10 versi terbaru , jadi kalau mau lancar update terus windowsnya

      Hapus
  2. GTA IV gak pake ragdoll pakenya euphoria, search aja di uTube euphoria GTA IV efeknya lebih real

    BalasHapus
  3. Gan main gta 4 di AMD e1-6010 APU with AMD Radeon Graphics 1.4 ghz, 2gb ram, vram 887 mb kuat gk gan...

    BalasHapus
  4. Bang main gta 4 di ram 4GB I5-8200 sma nvidia 930MX lancar nggak pliss jawab?

    BalasHapus

- Copyright © 2016 Agum-Go! - Sachiko Koshimizu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -