Posted by : Agum Gumelar Mei 09, 2014

Penjelasan

Penyakit ini mungkin terdengar sangat asing di telinga masyarakat umum. Namun, bagi kalangan otaku kelas berat chuunibyou sudah menjadi penyakit akut yang lumayan susah untuk disembuhkan.

Ya, Chuunibyou (中二病) atau biasa disebut sindrom kelas 8 / sindrom kelas 2 SMP. Chuunibyou adalah suatu gejala dimana penderitanya menganggap dirinya seolah-olah memiliki kekuatan supranatural atau hal-hal semacamnya. Penderita akan menganggap dunia disekitarnya adalah dunia miliknya sendiri dengan berbagai kekuatan tersembunyi. Masih bingung mengenai definisi penyakit Chuunibyou? untuk lebih jelasnya, penyakit Chuunibyou sebenarnya sama halnya dengan "alay". Penderita Chuunibyou kebanyakan memiliki imajinasi tinggi karena telah menghabiskan waktunya menonton anime atau membaca manga. Mereka akan merasa kurang puas bila hanya melihat dan membaca saja.

Penderita Chuunibyou kebanyakan adalah anak berumur sekitar 13 atau 14 tahun. Tapi ada juga orang dewasa yang masih menderita Chuunibyou.




Macam-Macam Chuunibyou

Menurut buku Chuunibyou Toriatsukai Setsumei Sho terdapat tiga macam jenis chuunibyou, yaitu..

DQN (DQN系, dokyun-kei), yaitu cenderung berpura-pura bersikap anti-sosial atau menjadi anak nakal padahal tidak. Biasanya ia mengarang tentang cerita tawuran atau semacamnya. Contohnya seperti percakapan berikut..
A : Wuih, jidatmu kok bisa diperban gitu? abis ngapain?
B : Jangan sentuh! ini adalah luka yang kudapat dari pertarungan melawan senior yang sok berkuasa itu.
A : Hehh????

Subkultural/Hipster (サブカル系, SubCul-kei), yaitu cenderung memilih sesuatu yang non-mainstream atau yang peminatnya sedikit agar ia merasa berbeda. Terkadang orang seperti ini jarang suka budaya sendiri, namun lebih memilih budaya luar agar dianggap keren karena berbeda minat dengan orang lain.Contohnya seperti percakapan berikut..
A : Eh kamu punya Suzumiya Haruhi no Yuutsu subtitle Indonesia nggak?
B : Cih, hari gini masih nonton subtitle Indonesia
A : Lah terus?
B : Nih, kayak aku dong liat yang RAW
A : Terus paham ceritanya gak?
B : E-eh pa-paham dong 

Mata Iblis (邪気眼系, Jakigan-kei), yaitu cenderung merasa memiliki kekuatan supranatural. Jenis ini sering menghayal yang aneh-aneh. Seperti menyamakan penggaris dengan pedang berkekuatan super atau menciptakan gerakan-gerakan aneh untuk memanggil jurus. Contohnya seperti percakapan berikut...
A : Pinjem penggarisnya dong
B : Hah! ( memegang penggaris seperti memegang pedang ) kau tidak akan bisa mengambil Dark Griffin Blade dariku. Langkahi dulu mayatku..
A : Gubrakk... -_-
Untuk contoh lain dari kategori Jakigan-kei, silahkan kalian tonton anime Chuunibyou Demo Koi ga Shitai.




Sedikit Pesan

Bila kalian adalah penderita chuunibyou saya sarankan untuk segera bertobat, karena masa-masa remaja haruslah dihabiskan dengan hal-hal yang lebih dewasa dan masuk akal seperti persahabatan dan cinta. Menjadi penderita chuunibyou hanya akan merusak reputasi kalian di sekolah pastinya. Namun sebenarnya ada pula sisi positif dari chuunibyou jakigan-kei yaitu akting mereka yang luar biasa. Akan sangat menarik bila aksi-aksinya dipertontonkan dalam suatu drama.

{ 45 komentar... read them below or Comment }

  1. gue sudah lihat temen gue yg ngidap penyakit ginian 9 dari 100 temen gue tobat gan......alhamdilillah gk nular :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh beruntung ya gan nggak ketularan, hehe

      Hapus
  2. Ngakak gan,kunbal dong di blog brau gw.
    sama beri masukan buat gw..

    thanks,nice post...

    BalasHapus
  3. hahahaa
    jadi selama ini kealayan gue tu ternyata sejenis penyakit yaaa
    wkwkkk
    level gue udah turun kok sekarang
    dari mata iblis jadi DQN

    BalasHapus
  4. njir ternyata selama ini gw punya penyakit...

    BalasHapus
  5. aduhhhhhh........ternyata aku mengidap sakit chuunibyou

    BalasHapus
  6. untung pas sd doang ngidapnya hehe... tapi biasanya chuunibyou punya kelompk juga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelompok anak-anak chuuni pasti jago deh kalo disuruh tampil drama di pentas seni haha

      Hapus
  7. dulu saya mengidap chuunibyou tapi setelah saya dapa gebetan pemyakit chuunibyou saya hilang
    terima kasih wahai gebetan

    BalasHapus
  8. saya selalu merasa bahwa saya mempunyai kekuatan dan saya selalu menganggap bahwa saya mempunyai pedang tetapi itu hanya terjadi saat saya lagi sendiri misalnya dikamar saya (abis nonton anime) apakah itu termasuk chuunibyou?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu cuma beranggapan punya pedang tapi nggak overreact ya kayaknya nggak termasuk chuuni kok :))

      Hapus
  9. Kalo saya sering menghayal, lanjutan dari anime yang akhirnya sad ending.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah itu kan wajar gan, biarpun yang nonton drama korea atau film india pun juga pasti mengkhayal kok :D

      Hapus
    2. Kok sama ya apa itu termasuk chuunibyou

      Hapus
  10. Ini persis kayak temen gua, dia selalu menganggap kalo dia bawa air, balon ditangan nya, dia mengira bahwa itu adalah rasenggan

    BalasHapus
  11. kalo saya kadang menghayal jadi heroin di serial harem reserve, itu juga kalo abis nonton anime.
    sama seperti Clasik Akmal, kejadiannya pas kalo lagi di kamar sendirian+abis nonton anime reserve. itu termasuk chuunibyou gak ??

    BalasHapus
  12. ga nyangka ternyata saya juga pernah kena chuunibyo
    ada terapi di pskiater buat sindrom ini ga sih ??

    BalasHapus
  13. Mōshiwake arimasen. Hapus aja kalau komennya menganggusyndrome chuunibyou Itu lebih baik dari pada menjadi seseorang yang bukan dirimu di depan orang lain.. Di akhir zaman ini orang" mempunyai syndrom yang lebih buruk dari syndrome chuunibyou...syndrome chuunibyou hanya ada didalam imajinasinya saja tidak merugikan orang lain.. Tapi sekarang ada yang bermain dengan imajinasinya dan melibatkan oarang lain didalamnya..seperti menipu, korupsi, membully, pelecehan sexual dan sampai yang terparah saling membunuh..Curang hanya demi serupiah (nilai uang) keuntungan, bohong hanya untuk kesenangan sesaat, kikir padahal harta melimpah, dengki terhadap kebahagian orang lain, menolak kebenaran karena sebuah gengsi (pengaruh; harga diri; martabat).remaja haruslah dihabiskan dengan hal-hal yang lebih dewasa dan masuk akal seperti persahabatan dan cinta. Itu emang benar tapi kalau masalah toubat harusnya yang menghabiskan persahabatan dan cinta tanpa iman.. Tidaklah diperbolehkan bersama yang bukan muhrimnya..Ikuti hatimu. Ia akan tenang bila kita berbuat baik dan gelisah bila kita berbuat dosa. Tapi jangan sampai Hati, mata, dan telinganKita sudah ditutup ketka kita sering mencampakkan nurani kita sendiri bahkan membunuhnya dengan perilaku-perilaku kita yang tercela.

    BalasHapus
  14. Wkwkwkwk . . Ngakak gan ,ternyata saya pernah mengalaminya. .dari kls 7 sampai kls 11 :v
    Dan sekarang masi agak2 :(

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. VVIBU VVIBU EVERYWHERE BTW ane juga jarang jarang kaya gitu tapi temen ane

    BalasHapus
  17. menurut ane sih gpp kaya gitu tapi jangan keseringan di depan umum nnti di kira orang gila -_- tapi buat penjagaan diri aja sih :3

    BalasHapus
  18. Dulu gw suka memperagakan teknik dan jurus2...sambil membayangkan cerita anime... abis gw melakukannya gw ngambar manga... apa itu jg sejenis chuunibyo.. karena hal itu cuman gw lakukan pas ga ada orang aja. Ga di depan temen atau orang lain

    BalasHapus
  19. Dulu gw suka memperagakan teknik dan jurus2...sambil membayangkan cerita anime... abis gw melakukannya gw ngambar manga... apa itu jg sejenis chuunibyo.. karena hal itu cuman gw lakukan pas ga ada orang aja. Ga di depan temen atau orang lain

    BalasHapus
  20. saya sering mukuli tembok pake tanagn sampe sampe temboknya hancur dlm seninggu itu termasuk chuuni gak??

    BalasHapus
  21. njrit gwe pernah jadi jakigan-kei( Chuunibyou) sama hikimori ...

    BalasHapus
  22. Gue punya penyakit chuunibyo nih udah 4 tahun tpi kgak hilang-hilang gimana caranya untuk ngehilangin penyakit yg sudah akut seperti saya?

    BalasHapus
  23. Waduh parah gan apa kalo kita udah jadi chunibyo tingkat tinggi gk bisa ngilangin penyakitnya y gan tolong bantu saya soalnya suka menghayal ganti ganti anime masih perjaka lagi gan tolong bantu

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Berarti saya juga pengidap chuunibyou dong,soalnya saya pernah nodong temen saya pake pedang kegelapan (penggaris) waktu SMK

    BalasHapus
  26. postingannya keren, komenannya ngakak abis

    BalasHapus
  27. Di sekolah gw kalau gk ada obrolan teman sekelas jdi pada gini semua

    BalasHapus
  28. Rasanya enak ya... kalu terkena chuunibyou :v

    BalasHapus
  29. Ahhhh sialan penyakit chuunibyou gue gak mau hilang, udah klz 3 sma bentar lagi kulia gmn ini gan bantu gue dong

    BalasHapus
  30. saya mengidap penyakit sindrom kelas 8 tingkat dewa tapi itu kemauan otak saya bukan saya
    ada obatnya gak

    BalasHapus
  31. kalau itu kemauan otakmu ,yhaa berarti obatnya ada di otak kamu

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  33. Kalo aku sih hampir memiliki jakigan-kei tp gak separah itu sih.meskipun masih megang sapu kayak mengan pedang tp gak ada nama aneh-aneh kayak gitu. Apa aku bisa dianggak chuunibyou? tp memang gerakan yg sering kulakukan dr character penggunaan pedang dr game sih

    BalasHapus
  34. Wadoo w penyakitan Chuunibyou tapi rame juga eaa nganggap penggaris jadi pedang

    BalasHapus

- Copyright © 2016 Agum-Go! - Sachiko Koshimizu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -